Translate

Amazon.com: Best Sellers in Books > Business & Money

Monday, October 3, 2016

INI LHO KARAKTERISTIK SUPERSALES PERSON


Pagi ini saya menemukan catatan yang pernah saya buat beberapa tahun lalu  di hardisk saya tentang karakteristik seorang super sales yang sukses yang saya sarikan dari  artikel "what makes a Super Salesperson" di journal Sales & Marketing 1984. Journal yang cukup lama memang namun jika saya baca ulang karakteristik dasar ini tetap up to date untuk digunakan hingga saat ini.
Apa saja yang membuat seorang salesman menjadi sangat sukses?

  1. Karakteristik 1. Selalu mengambil risiko dan membuat inovasi dalam pekerjaannya. Tidak seperti kebanyakan salesperson lain, mereka berusaha untuk keluar dari comfort zone dan selalu berusaha untuk memecahkan rekor performance terbaik yang pernah di capai.
  2. Karakteristik 2. Have powerful sense of mission.  Mereka selalu membuat target pribadi yang  melebihi target yang dibebankan oleh perusahaan. Mereka men 'set' goal nya dalam tiga tahap: jangka pendek, menengah dan jangka panjang. Jika anda masih sering mengeluh dengan target yang dibebankan perusahaan maka mulai sekarang mesti harus di rubah mindsetnya.
  3. Karakteristik 3. Lebih tertarik menjadi bagian dari solving problem daripada hanya menyalahkan situasi yang ada. Mereka berusaha selalu mengupgrade skill yang dimiliki supaya tetap bisa menjadi pemberi solusi dari masalah yang timbul.
  4. Karakteristik 4.  Secara mental mereka selalu melihat diri mereka sebagai partner dengan costumernya, merasa setara dan berperan sebagai team player bukan sebagai antagonist. Mereka percaya bahwa tugas mereka adalah berkomunikasi dengan banyak orang, dan sebaliknya sales people medioker secara psikologis mengangggap costumer adalah obyek dan berpikir hanya tentang jumlah call (kunjungan ke costumer) saja.
  5. Karakteristik 5.  Mereka menganggap bahwa setiap penolakan adalah informasi yang mereka dapat belajar dari nya. Sedangkan medioker mengganggap penolakan sebagai kegagalan dirinya.
  6. Karakteristik 6.  Yang paling mengejutkan bahwa super sales people memiliki mental 'rehearsal' atau dengan kata lain selalu berlatih, role play dan sesaat sebelum bertemu costumer mereka mereview lagi di pikiran mereka semua sales process yang akan di scenariokan.
Itulah beberapa karakteristik seorang supersales person yang bisa saya share disini. Mudah-mudahan ini jadi bahan renungan anda, apakah semua karakteristik itu ada semua dalam diri, jika belum mungkin bisa jadi bahan intropeksi diri untuk lebih maju. 

Namun sebelum kita memperbaiki karakterikstik kita seperti yang di atas,  Langkah awal adalah anda melakukan self assesment seperti yang disarankan oleh Brian Tracy dalam bukunya "Psychology Of Selling" yaitu:
  • Apakah saya bangga dengan profesi saya sebagai penjual atau seorang salesman
  • Apakah posisi saya saat ini dalam kelompok top 20 salesperson di perusahan
  • Apakah sebenarnya saya menyukai diri saya sendiri?
  • Apakah konsep hidup/ karakteristik saya masuk dalam karakteristik high income people seperti di atas
  • Apakah saya sanggup menghadapi penolakan dan merubah menjadi tenaga pendorong untuk sukses?
Anda sendiri yang bisa menjawabnya....

Semoga artikel ini berguna, silahkan di share jika mengganggap ini perlu diketahui oleh teman dan kolega anda..

Happy Selling
arif




tags. Super sales person, sales, salesman, karakteristik supersales person, brian tracy, salesmanship, salesman sukses, rahasia sukses sales people

No comments: