Translate

Amazon.com: Best Sellers in Books > Business & Money

Tuesday, September 27, 2016

CARA BERKOMUNIKASI BERDASAR 6 TYPE KEPRIBADIAN

picture type-type personality

Sebagai seorang sales representative atau orang yang bekerja di sales saya sarankan sebaiknya menguasai soft skills salesmanship ini. Karena anda dituntut untuk bisa membangun hubungan jangka panjang apalagi dengan kostumer kelas A dan super penting anda. Seperti yang saya informasikan di artikel saya sebelumnya, idealnya untuk bisa membangun komunikasi dan baik dan jangka panjang maka yang pertama kita harus tahu dahulu karakter dan kepribadian serta kebutuhan psikologis dari costumer kita yaitu apakah typenya relationshiper, workaholic, promoter, dreamer, opinioner atau fun maker, baru setelah itu kita menyesuaikan cara berkomunikasinya. Bagi yang belum tahu apa itu type-type personality atau kepribadian yang saya maksud diatas silahkan lihat lagi artikelnya : 6 type personality  .

Namun secara sekilas kalau bisa saya review sedikit maka secara umum manusia jika di kelompokkan berdasar 6 type kepribadian serta kebutuhan psikologisnya berdasarkan  Process Communication Model adalah:
  1. Relationshiper:                                                  Karakter: Mudah empati, sensitive, warm -hearted, people oriented. kebutuhan psikologisnya: Am i Likeable? mereka membutuhka pengakuan  tentang nilai2, kepuasan sensoris, atmosfir yang baik
  2. Workaholic :                                                             karakter: Logis, terorganisasi, fokus,serius dan responsible.Kebutuhan psikologisnya: Am I competent? Mereka membutuhkan apresiasi pada pekerjaannya, achievement, knowledge. Mereka concern terhadap waktu, jadwal, dan respect terhadap deadline.
  3. Opinioner:                                                                karakter: Observer, mampu memberikan penilaian dan opini,  memberi banyak petuah dan nilai-nilai   kebutuhan psikologisnya: Am i trustworthy? Pengakuan terhadap kemampuan dan pengalaman, dan pendiriannya. Serta pengakuan terhadap apa yang sudah dilakukannya
  4. Fun-maker:                                                               Karakteristik: spontan, creative, provoker, player     kebutuhan psikologis: Am I acceptable?Pengakuan dan apresiasi terhadap kreatifitasnya, dinamis, penuh variasi, interaksi yang menyenangkan dan music                              
  5. Dreamer:                                                                 Karakter: kalem, tenang, berpikir lama, kontemplatif, imaginative. Kebutuhan psikologis:  Am I wanted?   kebutuhan diberikannya ruang dan waktu untuk dirinya sehingga  bisa bebas berimajinasi.      
  6. Promoter:                                                                 Karakter: Determinasi, menyukai tantangan, charming, tidak terlihat mudah capai ( full of resource). Kebutuhan psikologis: Am I alive?  Type ini menyukai hal- hal yang bersifat tantangan, mendapatkan uang yang cepat, dan kegiatan yang membutuhkan adrenalin tinggi, tidak suka yang njlimet
Dan setiap orang pada dasarnya memiliki 6 personality tersebut di atas namun ada yang paling dominan dari masing-masing  orang yang merupakan personality dasarnya (base personality).

Sekarang bagaimana cara berkomunikasi dengan type-type diatas? Ada 4 cara berkomunikasi yang disarankan:
  1. Directive:                                                                 Model komunikasi yang memungkinkan untuk mengajak orang lain untuk segera action dan bergerak.  Suara : Tegas, ada determinasi tapi tidak agresive. Disarankan digunakan saat berkomunikasi pada orang dengan type dreamer
  2. Informative-interrogative:                                       Model komunikasi yang memungkinan  terjadinya pertukaran dua informasi, seperti koneksi antar 2 komputer. Suara: netral, datar tanpa ada emosi. Disarankan digunakan saat berkomunisi pada type Opinioner & Workaholic.
  3. Fun, emotive:                                                           Model komunikasi yang banyak menggunakan ungkapan seru, ungkapan pendek untuk mengungkapkan emosi yang menunjukkan ekpresi yang spontan dan reaksi yang seketika. Suara: Penuh energi, riang, bersemangat. Disarankan digunakan pada fun-maker dan promoter
  4. Supportive:                                                             Model komunikasi yang memungkinan untuk mengekpresikan emosi dan perasaan untuk lebih dekat, hangat dan penuh perhatian. Suara: Soft. Disarankan digunakan pada orang dengan type Relationshiper.
Itulah salah satu cara dalam ilmu salesmanship yang bisa digunakan dalam membangun pola komunikasi yang cocok terutama pada kostumer penting anda. Tidak ada yang sempurna. Tapi anda patut mencoba menganalisa type personality kostumer penting anda dan cobalah di terapkan model komunikasi yang disarankan.  Seperti biasa  saya selalu berpesan:   Do it, evaluate dan do it better. 

Sekian dulu, jika berguna silahkan di share karena ilmu dan pengetahuan yang baik sayang kalau hanya mengendap di diri anda, jadi anda dan saya sama-sama dapat pahala. Iya khan?


Salam & happy selling
Arif.





tags: PCM models, relationshiper, oppinioner, funmaker, dreamer, promoter,workaholic, sales, ilmu salesmanship, salesman, do it, evaluate, do it better


No comments: