Translate

Amazon.com: Best Sellers in Books > Business & Money

Thursday, September 8, 2016

Tehnik Ajaib untuk membuat costumer nyaman

Ada cara atau tehnik sederhana tapi ajaib yang banyak tidak disadari orang bahwa cara itu sangat efektif dan powerful dalam komunikasi baik untuk bisnis dan non bisnis. 
Dalam dunia bisnis terutama dalam penjualan, tehnik ini sangat efektif membuat costumer kita merasa nyaman berbisnis dengan kita. Saya pastikan semua  orang bisa melakukannya dan tidak perlu kursus untuk melakukan tehnik ini. Bahkan terkadang ada orang orang disekeliling kita sudah melakukannya entah mereka sadar atau tidak, syaratnya cuma satu, yaitu  melakukannya dengan setulus hati.
Anda semua pasti setuju pada dasarnya kita ingin selalu didengar dari pada mendengar. Betul nggak? Makanya demo dimana-mana karena mereka ingin di dengar (he3x ngelantur.com).  Jadi kembali ke laptop..Jadi sama halnya dengan kondisi sehari-hari saat kita melakukan aktifitas penjualan, saat  bertemu dengan costumer maka kita akan menghadapi situasi yang sama yaitu costumer itu ingin di dengarkan, dan ini menjadi bagian yang susah susah gampang bagi penjualnya/ salesmannya lha secara natural dia juga kepingin di dengarkan oleh costumer. Tapi di sinilah salah satu rahasia seorang salesman yang sukses yaitu menjadi “PENDENGAR” . Ya yang Anda perlukan adalah menjadi pendengar yang baik. Bagaimana menurut Anda, susah tidak berperan sebagai ‘pendengar’. Para salesman yang pada dasarnya memiliki kepribadian extrovert maunya dia yang berbicara panjang lebar supaya costumer mau mendengarkan promosi kita, dan ini perlu kerja keras bagi mereka untuk mengerem egonya tapi salesman yang berkepribadian introvert akan lebih mudah mengerem egonya karena pada dasarnya mereka bukan talk ative.

Teory salesmanship atau istilah kerennya 'Listening skils' memang ada di ajarkan tapi saya tidak bahas dulu sekarang, karena tujuan saya saat ini membuat anda menyadari pentingnya menjadi pendengar yang baik bagi costumer anda dengan hati yang tulus dan iklas, karena kalau tidak tulus akan terbaca di raut wajah dan sikap anda. 
Nah tehnik yang saya mau sampaikan diatas akan berjalan sempurna dan alamiah jika anda mau mendengarkan dengan tulus dan iklas. Apa itu tehniknya,   yaitu tehnik ‘Mengangguk dan pegang dagu’ dan dikombinasi dengan tehnik ‘ O” yaitu tehnik menjembatani.  



Sudah tahu khan tehnik ini. Saya yakin pasti ada yang bilang..Oalahhh cuman begitu saja, kalau orang surabaya bilang oalah ngono thok rek. Ya cuman begitu saja. Tahukah Anda bahwa anggukan merupakan alat persuasif yang kuat, merupakan bahasa tubuh yang digunakan dimana-mana di dunia ini, selain itu menganggukkan kepala bemakna anda mendapatkan perasaan positif dan menular, makna lain adalah membuat pembicaraan terus berjalan lancar jika dikombinasikan dengan kata menjembatani. Bagaimana caranya, nggak usah dipikir lakukan saja dengan tulus dan alamiah (tapi ritmenya jangan keseringan ya..he3x),  namun berdasar teori bahasa tubuh dianjurkan setiap selesai lawan berbicara anggukkan sekurangnya 5 kali dgn jarak kira-kira 1 detik, Kombinasikan dengan mengusap dagu sehingga anda tidak dianggap sebagai polisi yang sedang menginterview, dari penelitian jika kita memegang dagu akan mengurangi tekanan anda untuk ikut bicara.
Kombinasikan dengan tehnik”O” yaitu menggunakan kata menjembatani seperti :
Saya mengerti…
Oohh
Oh ya…Oh begitu...
Tolong jelaskan lebih jauh…….

Simple khan tehniknya, bahkan mungkin itu jangan-jangan Anda malah sudah praktekkan tapi nggak nyadar. Ya kelihatannnya simple tapi syaratnya sekali lagi anda harus menjadi pendengar yang baik dan tulus. Selebihnya rasakan keajaiban tehnik ini. 


Selamat mencoba & happy selling

arif



tags. Listening skills, tehnik ajaib membuat kostumer nyaman, tehnik menjembatani, salesman, salesmanship, bahasa tubuh, body language, pendengar yang baik, sales, sales representative

No comments: