Translate

Amazon.com: Best Sellers in Books > Business & Money

Monday, September 12, 2016

Hai, para Salesman - rajinkah anda membuat FOOT


Mungkin anda akan bertanya-tanya apa hubungannya ilmu salesman dengan gambar kaki? jangan khawatir ini ada hubungan dengan efektifitas anda dalam mengelola pertemuan dengan costumer. Nanti akan saya jawab mengapa ada gambar kaki dan apa hubungannya dengan tips yang akan saya sampaikan sekarang.

Mengapa saya perlu menginformasikannya, karena berdasar pengalaman, ternyata tehnik FOOT ini  sangat efektif mengelola dan merencanakan pertemuan dengan costumer anda terutama rekan-rekan yang memiliki kunjungan rutin ke costumernya. Problemnya cuma satu, seringkali kita tidak konsisten untuk membuatnya, apalagi kalau secara sistem di perusahaan anda tidak mengharuskan membuatnya.

FOOT: Tool efektif para Salesman/tenaga penjual 

Dalam proses penjualan dan kunjungan ke costumer yang rutin yang  anda lakukan , maka diperlukan catatan kecil kunjungan, kalau kita kaitkan dengan gambar kaki di atas, maka tehnik ini adalah semacam catatan kaki/ FOOT note yang dibuat sesaat anda keluar dari ruangan costumer anda. 
Apa saja yang anda catat? Nah ingat dengan kaki anda atau FOOT, yang merupakan  akronim dari;
F - fact, O - Objection, O - Objective, T - Tools.

  • Fact, adalah fakta dan kejadian apa saja yang dianggap penting danjangan lupa di tulis tanggalnya ya 
  • Objection, adalah hal hal yang berkaitan dengan pertanyaan, keberatan, keluhan ataupun komplain dari costumer. Fact & Objection lebih mencerminkan evaluasi atas apa yang terjadi. Sedangkan akronim selanjutnya adalah lebih menggambarkan langkah dan tindak lanju  berikutnya (follow up) berdasar  pertemuan yang sudah terjadi.
  • Objective: Tujuan yang akan anda rencanakan berdasar fakta dan objection terakhir. Misalkan untuk follow up berikutnya tujuan yang anda buat adalah mengklarifikasi dan menjawab beberapa objection yang belum bisa anda jawab saat itu.
  • Tools, adalah alat atau sesuatu yang bisa anda bawa atau siapkan untuk mendukung pertemuan berikutnya, misalkan alat peraga, brosur atau literature yang berkenaan dengan objection yang terjadi .

Usahakan anda selalu menulis atau membuat catatan sesaat setelah keluar dari pintu costumer anda baik  itu melalui buku notes kecil ataupun elektronik. Di beberapa perusahaan besar saat ini semua tenaga penjual atau salesman sudah dilengkapi dan  menggunakan media elektronik untuk merekam laporan kunjungan ujung tombak mereka menggunakan tablet apple/ android. Di mana semua pengelolaan dan data base costumer sudah ada dalam tablet mereka, termasuk dalam hal ini semestinya kolom report kunjungan seperti yang saya sampaikan diatas sudah include didalamnya. Namun jika belum ada di system anda, ada baiknya anda buat catatan tersendiri di buku pintar anda.

Apa manfaatnya? Jelas sekali manfaatnya, diantaranya adalah:

  1. Anda didorong untuk selalu ada kemajuan setiap bertemu dengan costumer yang sama, karena dengan tehnik ini anda akan selalu memfollow up setiap pertemuan
  2. Data base costumer akan selalu update karena di setiap pertemuan anda selalu catat baik itu fakta maupun objection   yang ada saat  itu.
  3. Anda memiliki pre plan visit yang lebih baik lagi karena anda sudah memiliki objective next visit dan tools promosi apa yang mesti anda bawa.
Kesimpulan dan take home messagenya,  Segera setelah keluar dari pintu kantor costumer anda, lihat kaki anda dan pasti anda ingat dengan kata "FOOT" note.  Setelah itu sediakan waktu 5 menit untuk membuat catatan Fact,Objection,Objective, Tools. Saya yakin ini akan mempermudah hidup anda.

Sukses selalu & happy selling
arif





tags. Ilmu Salesman, Salesmanship, pre plan visit, FOOT,  Fact,Objection, Objective, Tools.




No comments: