Melanjutkan artikel sebelumnya tentang bagaimana presentasi dan public speaking yang baik, maka training dari David tomlinson yang pernah saya ikuti memberikan tool yang sederhana dan powerful, bagaimana sikap yang dianjurkan saat berbicara atau presentasi di depan publik, tool ini sering dibuat akronim yaitu OASIS. Anda
harus
mengingat akronim ini
karena
akan
menyelamatkan
anda
dari
situasi
apapun. OASIS sendiri seperti pada gambar merupakan akronim dari Open, Advance, See, Inhale, Smile.
Agar supaya
anda
ingat
dan untuk memperkuat
pesan
maka
saya
tambahkan
gambar suatu oase di padang pasir.
Berdasarkan
riset
jika
anda
menggunakan
tehnik
OASIS dan
di tambahkan
dengan
gambar
ini
maka
orang-orang mengingat
pesan
itu
dengan
lebih
baik.
Saya
punya
akronim
lain saat
anda
menyiapkan
presentasi, yaitu KISS: Keep It Sort and Simple. Orang akan mudah
mengingat
dan
akan
mendevelop
tiap
huruf
dengan
kata-kata.Tips lain agar presentasi dan pesan yang anda sampaikan bisa diterima dengan baik, sebaiknya anda memasukkan dan menggunakan analogi, metafor, gambar atau akronim seperti contoh di atas.
OK, tidak perlu berpanjang kata mari kita bahas sekarang satu persatu tentang OASIS ini:
OK, tidak perlu berpanjang kata mari kita bahas sekarang satu persatu tentang OASIS ini:
- Open. Saat anda presentasi dianjurkan untuk menunjukkan gesture dan sikap yang terbuka, tangan terbuka, jangan seperti kedua belah tangan di tangkupkan, atau di tangkupkan dan digosok-gosokkan seperti lagi membersihkan tangan atau terkadang saya juga lihat kebiasaan orang jawa untuk memegang kedua tangan dibawah perut, karena memberi kesan dan presepsi yang berbeda dan terkadang negatif, anda terlihat nervous, tidak percaya diri di depan audience.Coba cek dan di youtube kalau tidak percaya, para presenter profesional selalu menunjukkan sikap yang open. Gambar di bawah ini mungkin bisa mewakili sikap apa yang dianjurkan. Lakukan latihan sesering mungkin di depan kaca sehingga tidak terlihat kaku dan relax dan yang terpenting tetap menjadi diri dan style anda. Saran lain adalah jika anda pengguna tangan kanan maka sering-seringlah mengaktifkan tangan kiri anda untuk ikut membantu menjelaskan dan mengekspresikan apa yang ingin anda sampaikan.
- Advance. Hal lain yang bisa memberikan impresi positif adalah advance, yang dimaksud di sini adalah saat anda mulai presentasi usahakan ada space dan jarak di sepertiga jarak dari screen dan dua pertiga jarak ke audience, sehingga saat presentasi dimulai anda memiliki ruang dan jarak untuk bisa mulai pelan-pelan dan secara natural maju mendekati audience. Jangan malah kebalikan ya, mulainya dekat audience namun pelan-pelan mundur mendekati screen apalagi dengan gesture yang tertutup, terlihat anda mundur teratur dan tidak percaya diri. Tips yang lain perhatikan juga dengan gerakan kaki anda, jangan terlalu banyak bergerak ke kiri dan ke kanan, atau pindah ke sudut kiri ke kanan terlalu sering, ini membuat audience anda saat keluar ruangan hanya akan mengingat gerakan indah anda. Anjuran adalah kaki tetap stabil dan jika bergerak pindah lakukan natural dan lakukan secara efektif misalkan untuk tujuan penekanan pesan dengan jeda sesaat sebelum menjelaskan point penting. karena audience akan tertarik lagi perhatiannya dan menunggu penjelasan anda. Jika tersedia podium, sebaiknya anda keluar dari podium karena ingat panggung milik anda dan bahasa tubuh yang anda miliki akan banyak membantu mentransmisikan pesan dari presentasi anda.
- See. Ya anda pasti sudah menebak yang dimaksud See adalah Eye Contact dengan audience. Usahakan selalu eye contact dengan audience, untuk memudahkan bagi anda lakukan dalam imajinasi anda bahwa audiece dibagi dalam empat-enam area pandang (spot) tergantung besarnya audience, misalnya dalam presentasi bisnis pada sekitar 10 -20 orang anda bisa bagi dengan empat spot kiri dekat anda, kanan dekat anda, depan kiri dan depan kanan. Usahakan eye contact dengan masing-masing area pandang ini sepanjang presentasi untuk berinteraksi dengan audience anda dan check sekilas dari wajah audience apakah mereka masih satu frekuensi dengan anda. Kesalahan yang sering saya lihat bahkan di level seminar nasional adalah presenter atau speaker sering matanya melihat dan membaca komputer atau membaca screen. Kalau menurut saya itu bukan presentasi tapi membaca berjamaah..hi..hi..hi..
- Inhale, yang dimaksud disini adalah pengaturan nafas yang baik akan memberikan kualitas suara yang kuat dan intonasi dan pengucapan kata yang jelas
- Smile. Jangan lupakan bahasa tubuh yang satu ini, terkadang karena sangat konsentrasi pada materi yang terlihat anda seperti tegang. Smile akan membuat ketegangan yang nampak di wajah anda akan menghilang, sedangkan efek smile ini pada audience akan dipresepsikan bahwa sang presenter nampak gembira dan semangat untuk menyampaikan presentasinya, dan jangan lupa efek ini akan menular pada audience sehingga membangun suasana yang kondusif dalam presentasi. Suasana yang nyaman akan memudahkan pesan yang anda sampaian masuk ke alam pikiran dan bawah sadar mereka.
Jadi kesimpulannya, selalu ingat-ingatlah akronim OASIS ini setiap anda mau presentasi, semakin sering anda melatih dan mencoba tehnik ini, niscaya akan meningkatkan kualitas presentasi anda. Karena menurut saya presentasi yang baik harus terbangun interaksi dua arah.
Sekian & semoga bermanfaat, dan jika menurut anda share artikel ini berguna, silahkan share link artikel ini ke orang lain, anda mendapat pahala, saya juga mendapat pahala..
Selamat siang & happy selling
arif
tags. tehnik presentasi, Persiapan presentasi, bahasa tubuh, bahasa tubuh dalam presentasi, OASIS, salesmaship, salesman, presentasi salesman, Tip & trik presentasi bisnis
No comments:
Post a Comment