picture type-type personality
Sebagai seorang sales representative atau orang yang bekerja di sales saya sarankan sebaiknya menguasai soft skills salesmanship ini. Karena anda dituntut untuk bisa membangun hubungan jangka panjang apalagi dengan kostumer kelas A dan super penting anda. Seperti yang saya informasikan di artikel saya sebelumnya, idealnya untuk bisa membangun komunikasi dan baik dan jangka panjang maka yang pertama kita harus tahu dahulu karakter dan kepribadian serta kebutuhan psikologis dari costumer kita yaitu apakah typenya relationshiper, workaholic, promoter, dreamer, opinioner atau fun maker, baru setelah itu kita menyesuaikan cara berkomunikasinya. Bagi yang belum tahu apa itu type-type personality atau kepribadian yang saya maksud diatas silahkan lihat lagi artikelnya : 6 type personality .
Namun secara sekilas kalau bisa saya review sedikit maka secara
umum manusia jika di kelompokkan berdasar 6 type kepribadian serta kebutuhan
psikologisnya berdasarkan Process Communication Model adalah:
- Relationshiper: Karakter: Mudah empati, sensitive, warm -hearted, people oriented. kebutuhan psikologisnya: Am i Likeable? mereka membutuhka pengakuan tentang nilai2, kepuasan sensoris, atmosfir yang baik
- Workaholic : karakter: Logis, terorganisasi,
fokus,serius dan responsible.Kebutuhan
psikologisnya: Am I competent? Mereka membutuhkan apresiasi pada
pekerjaannya, achievement, knowledge. Mereka concern terhadap waktu,
jadwal, dan respect terhadap deadline.
- Opinioner: karakter: Observer, mampu
memberikan penilaian dan opini, memberi banyak petuah dan
nilai-nilai kebutuhan
psikologisnya: Am i trustworthy? Pengakuan terhadap kemampuan dan
pengalaman, dan pendiriannya. Serta pengakuan terhadap apa yang sudah
dilakukannya
- Fun-maker: Karakteristik: spontan, creative,
provoker, player kebutuhan psikologis: Am I acceptable?Pengakuan dan apresiasi terhadap kreatifitasnya, dinamis, penuh
variasi, interaksi yang menyenangkan dan music
- Dreamer: Karakter: kalem,
tenang, berpikir lama, kontemplatif, imaginative. Kebutuhan psikologis: Am I
wanted? kebutuhan diberikannya ruang dan waktu untuk dirinya
sehingga bisa bebas berimajinasi.
- Promoter: Karakter: Determinasi, menyukai
tantangan, charming, tidak terlihat mudah capai ( full of resource). Kebutuhan psikologis: Am I alive? Type ini menyukai hal- hal yang
bersifat tantangan, mendapatkan uang yang cepat, dan kegiatan yang
membutuhkan adrenalin tinggi, tidak suka yang njlimet
Dan setiap orang pada dasarnya
memiliki 6 personality tersebut di atas namun ada yang paling dominan dari
masing-masing orang yang merupakan personality dasarnya (base personality).
Sekarang bagaimana cara
berkomunikasi dengan type-type diatas? Ada 4 cara berkomunikasi yang
disarankan:
- Directive: Model komunikasi
yang memungkinkan untuk mengajak orang lain untuk segera action dan bergerak. Suara :
Tegas, ada determinasi tapi tidak agresive. Disarankan digunakan saat
berkomunikasi pada orang dengan type dreamer
- Informative-interrogative: Model
komunikasi yang memungkinan terjadinya pertukaran dua informasi,
seperti koneksi antar 2 komputer. Suara: netral, datar tanpa ada emosi.
Disarankan digunakan saat berkomunisi pada type Opinioner & Workaholic.
- Fun, emotive: Model komunikasi yang banyak
menggunakan ungkapan seru, ungkapan pendek untuk mengungkapkan emosi yang
menunjukkan ekpresi yang spontan dan reaksi yang seketika. Suara: Penuh
energi, riang, bersemangat. Disarankan digunakan pada fun-maker dan
promoter
- Supportive: Model komunikasi yang
memungkinan untuk mengekpresikan emosi dan perasaan untuk lebih dekat,
hangat dan penuh perhatian. Suara: Soft. Disarankan digunakan pada orang
dengan type Relationshiper.
Itulah salah satu cara dalam ilmu salesmanship yang bisa digunakan dalam membangun pola komunikasi yang cocok terutama pada kostumer penting anda. Tidak ada yang sempurna. Tapi anda patut mencoba menganalisa type personality kostumer penting anda dan cobalah di terapkan model komunikasi yang disarankan. Seperti biasa saya selalu berpesan: Do it, evaluate dan do it better.
Sekian dulu, jika berguna silahkan di share karena ilmu dan pengetahuan yang baik sayang kalau hanya mengendap di diri anda, jadi anda dan saya sama-sama dapat pahala. Iya khan?
Salam & happy selling
Arif.
tags: PCM models, relationshiper, oppinioner, funmaker, dreamer, promoter,workaholic, sales, ilmu salesmanship, salesman, do it, evaluate, do it better
No comments:
Post a Comment