Translate

Amazon.com: Best Sellers in Books > Business & Money

Thursday, October 13, 2016

TIPS PENTING SEBELUM ANDA MELAKUKAN PRESENTASI


Masih ingatkah iklan tempo dulu yang kata-katanya pas banget, kesan pertama begitu menggoda..selanjutnya terserah anda...Nah berkaitan dengan kalimat di atas saya ingin share pengalaman dan training yang pernah saya ikuti tentang presentasi yang baik beserta bagaimana dalam presentasi awal memberikan kesan pertama yang begitu menggoda 

Presentasi di depan banyak audience bagi sebagian besar orang memang sudah merupakan hal yang sudah biasa dan jadi makanan harian. Namun yang jadi pertanyaan adalah sebarapa menarik dan efektif presentasi yang sudah dilakukan?  Seringkali saya menyaksikan seseorang yang bisa disebut pakar tapi tidak dibekali tehnik presentasi yang baik, mereka sering melihat bahkan membaca laptop dan screen, pointernya lari kemana-mana karena tidak kontrol tangannya dan celakanya  mata audiens nya ikut titik pointer itu berputar kemana tangan si pakar ini bergerak (he3x jadi puciang deh). 

Berikut ini saya share tips dan trick dari pengalaman training yang pernah saya ikuti dari David tomlinson pakar komunikasi internasional yang waktu itu di datangkan perusahaan di internal meeting kita. Untuk mengetahui siapa mas David ini silahkan klik tautannya.

Mas david ini memberi wejangan dan tips seperti ini, saat anda presentasi maka orang/ audience anda akan mempresepsikan diri anda bisa positif bisa negatif, jadi tergantung bagaimana anda mau dipresepsikan oleh audience.Karena audience anda segera akan memberi keputusan dalam beberapa detik kemudian, mereka mau mendengarkan anda atau tidak. 
Ada beberapa tips  yang penting yang menjadi modal dasar dan patut diperhatikan dimanapun dan kepada siapapun anda melakukan presentasi:

  1. Attitute. Attitute dan sikap saat mau melakukan presentasi adalah sangat penting, audience bisa merasakan dan mengamati arogansi, ketakutan atau gaya anda dan mereka segera bisa membentuk presepsi negative atau positif ke anda
  2. Knowledge/ penguasaan materi presentasi. Ya jelas ya, kalau anda nggak menguasai apa yang mau di presentasikan sudah 50 % anda tidak menggoda lagi.
  3. Natural. Penampilan harus mencermin diri anda, jangan mencoba menjadi gayanya Tantowi yahya atau raffi ahamd yang petakilan itu, Intinya jadilah diri anda sendiri.
  4. Simple. Usahakan menggunakan penggunaan bahasa dan kata-kata yang simple, mudah dimengerti, to the point dan clear, jangan seperti si Vicky konspirasi kemakmuran ya...he3x
  5. Energy. Anda harus bisa menunjukkan energi dan antusiasme yang tercermin dari penampilan anda. Karena energy positif yang anda keluarkan akan mengalir dan mempengaruhi orang lain.
Sekarang pertanyaan berikutnya adalah  bagaaimana audience anda saat pulang bisa menangkap dan membawa take home message  dan me'retain' apa yang  anda presentasikan. Ada 3 tips/ hal penting lain yang bisa mempengaruhi seberapa banyak pesan anda bisa di retain dalam otaknya, yaitu:
  1. Message dari presentasi itu sendiri (di retain 10%) 
  2. Intonasi (35%)
  3.  Body language (55%) 

Ada sebuah study  Merahbian yang meneliti  hal ini dan menunjukkan Isi dari pesan itu sendiri hanya di retain sekitar 10 %.  Sedangkan Intonasi dari suara anda, jika optimal memanfaatkannya dalam cara menyampaikan hanya akan diterima oleh audience sekitar 35%.  Yang terbesar disini dan hal ini cukup mengejutkan adalah body language/ bahasa tubuh nilainya adalah 55 %. Aundience anda akan memperhatikan apapun yang anda lakukan secara fisik. Misalkan anda menyampaikan suatu pesan yang sangat positif tapi dengan bahasa tubuh memegang jari, atau memutar2 tangan atau sambil garuk2 kepala maka akan dipresespsikan berbeda oleh audience andawah kayaknya presenter ini tdak menyampaikan yg sebenarnyaJadi anda harus benar2 hati2 dan harus memperhatikan study mehrabian ini

Tips di atas nampaknya umum tapi menjadi sangat penting karena ini akan meningkatkan keberhasilan presentasi anda 

Itulah beberapa tips yang bisa saya share untuk jadi reminder dan perhatian sehingga bisa  meningkatkan kualitas presentasi anda hai para selesman. Harapannya adalah   kesan pertama begitu menggoda akan bisa terwujud.

Di tulisan berikutnya saya berencana untuk melanjutkan ke tips bagaimana opening yang baik. jadi stay tune di blog ini ya...

Salam & happy selling
arif




tags. Tips presentasi, david tomlinson, intonasi, body language, message, presepsi, salesmanship, ilmu salesman, penjual, penjualan

No comments: